Golkar DKI Buka Ruang Koalisi dengan PKS, Siapa yang Akan Diusung di Pilkada Jakarta 2024? Simak Penjelasannya di Sini

  Selasa, 14 Mei 2024,    19:51:00,    6

Golkar DKI Buka Ruang Koalisi dengan PKS, Siapa yang Akan Diusung di Pilkada Jakarta 2024? Simak Penjelasannya di Sini

Pengurus Partai Golkar DKI Jakarta bersilaturahmi kantor DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jakarta di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2024).

Rombongan Golkar dipimpin oleh Ketua DPD Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar atau yang akrab disapa Bang Zaki.

Bang Zaki didampingi Sekretaris Golkar DKI Basri Baco, Ketua Harian Judistira Hermawan, Ketua Wantim Jojo Wahab, dan sejumlah Wakil Ketua seperti Adhinusa, Afriadi, dan Elfrans Golkari.

Kehadiran pengurus Golkar Jakarta ini disambut ramah oleh petinggi DPW PKS Jakarta, antara lain Ketua Khoirudin dan Sekretaris Abdul Azis.

Usai pertemuan, Bang Zaki Iskandar menegaskan perlunya koalisi dengan partai lain dalam menghadapi Pilkada Jakarta bulan November 2024 mendatang.

"Menghadapi Pilkada bulan November nanti, baik Golkar maupun PKS tetap membutuhkan koalisi untuk mencalonkan pasangan gubernur dan wakil gubernur," kata Bang Zaki kepada wartawan.

Dikatakan Bang Zaki, kerjasama dari berbagai pihak sangatlah penting dalam membangun Jakarta ke depan.

Bang Zaki juga mengatakan, Golkar membuka kemungkinan koalisi dengan PKS. Selanjutnya, Bang Zaki menyatakan akan menyampaikan kepada DPP Partai Golkar.

"Kita akan bicara dengan DPP masing-masing. Tapi paling tidak, jalinan komunikasi dan silaturahmi ini selalu terbuka, baik untuk partai Golkar maupun PKS," tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPW PKS DKI Jakarta, Khoirudin. Ia mengatakan, meskipun PKS menang di Pileg Jakarta, namun belum cukup syarat untuk mengajukan Cagub-Cawagub sendiri.

Khoirudin pun mengatakan, PKS terbuka koalisi dengan Golkar. "Kita memang harus koalisi, dan kita membuka diri untuk koalisi bersama siapapun," kata Khoirudin.

Diketahui, pada Pileg 2024 PKS menjadi pemenang dengan raihan 18 kursi DPRD Jakarta. Sedangkan Golkar berada di urutan kelima dengan raihan 10 kursi DPRD Jakarta.

Sementara syarat untuk mengajukan cagub-cawagub adalah 20 persen dari jumlah kursi DPRD atau setara dengan 22 kursi.

Jika koalisi Golkar-PKS terjadi, lalu siapa calon yang akan diusung di Pilgub Jakarta 2024?

Sejauh ini, masing-masing partai sudah memunculkan kandidatnya. Golkar memiliki tiga kader terbaik yang siap diusung di Pilkada Jakarta.

Ketiganya adalah Ridwan Kamil, Ahmed Zaki Iskandar dan Erwin Aksa. Namun dari ketiga kandidat tersebut, Zaki Iskandar paling berpeluang.

Sebab, Ridwan Kamil kemungkinan besar akan kembali dicalonkan untuk Pilgub Jawa Barat.

Sedangkan dari PKS juga dipersiapkan tiga kader, yaitu Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman, Ketua PKS Jakarta Khairudin, dan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera. (*)

Sumber : https://jakarta.akurat.co/poljak/1314651506/golkar-dki-buka-ruang-koalisi-dengan-pks-siapa-yang-akan-diusung-di-pilkada-jakarta-2024-simak-penjelasannya-di-sini

Share Berita Ini

Berita Lainnya

LIHAT SEMUA BERITA